Inilah 7 Cakra Mayor Dan Manfaatnya

Artikel Penting » Inilah 7 Cakra Mayor Dan Manfaatnya

Sebenarnya dalam tubuh kita, terdapat ratusan lebih titik cakra. Namun, dari sekian banyaknya cakra hanya ada tujuh cakra yang harus kita ketahui. Karena ketujuh cakra tersebut merupakan cakra mayor (utama) yang berpengaruh terhadap hidup kita sehari-hari. Berikut ketujuh cakra beserta manfaatnya:

1. Cakra Dasar

Cakra DasarCakra ini terletak pada dasar tulang punggung atau daerah tulang tungging. Cakra ini merupakan pusat ketahanan dan pemeliharaan diri sendiri. Jadi, jika Anda adalah orang yang memiliki cakra dasar yang kuat dan aktif menunjukkan bahwa kehidupan Anda dinamis. Tetapi jika cakra ini terlalu aktif secara berlebihan maka akan membuat keadaan hidup Anda menjadi hiperaktif, gelisah, hingga insomnia.

Sedangkan orang-orang tertentu dengan cakra dasar yang kurang aktif, cenderung membuatnya lamban, tidak praktis dan tidak realistik. Bahkan dalam kasus yang parah mereka cenderung lepas dari kenyataan, dan kecenderungan untuk bunuh diri jika cakra dasarnya sangat lemah dan kurang aktif. Sedangkan manfaat dari cakra dasar ini adalah meningkatkan semangat beraktivitas, mengatasi sifat malas dan menunda pekerjaan, dan mengatasi penyakit fisik seperti ambien dan wasir, serta mengatasi masalah pertumbuhan.

2. Cakra Seks

Cakra SeksCakra yang terletak pada area kemaluan ini menjadi padanan dengan cakra tenggorok ini merupakan pusat kreatif fisik bagian bawah. Sebagian energi prana seks diubah oleh tubuh menjadi bentuk energi prana yang lebih tinggi untuk digunakan oleh cakra-cakra kepala dan tenggorok. Energi yang diubah tersebut sangat diperlukan oleh cakra tenggorok dan cakra-cakra di bagian kepala supaya cakra-cakra tersebut bisa berfungsi dengan benar. Ini dibuktikan pada pasien yang mengalami keterbelakangan mental menunjukkan bahwa cakra seksnya sudah terkuras.

Inilah salah satu faktor mengapa orang tua cenderung pikun. Jadi, cakra seks ini tak hanya melulu berfungsi untuk mengontrol organ-organ seks saja. Melainkan juga sebagai penyuplai bentuk prana yang lebih tinggi yang berfungsi untuk mengaktifkan sel-sel otak. Selain itu, manfaat dari cakra seks juga dapat memperbaiki gairah seksual yang  lemah, mengatasi gangguan yang berhubungan dengan sistem reproduksi, meningkatkan rasa percaya diri, dan meningkatkan kesuburan organ reproduksi.

3. Cakra Solar Pleksus

Cakra Solar PleksusCakra yang mempengaruhi kualitas dan penghilang racun pada darah ini merupakan cakra yang amat penting bagi peningkatan fungsi organ fisik di area perut, usus, dan ginjal. Sedangkan letak cakra solar pleksus sendiri berada di dua tempat yaitu depan dan belakang. Untuk yang depan berada di area cekung di antara iga-iga bawah kiri dan kanan.

Sementara yang belakang terletak pada belakang cakra solar pleksus depan. Selain itu, cakra yang memiliki sepuluh daun bunga dan mengandung prana-prana merah, kuning, hijau, dan biru ini merupakan pusat dari emosi-emosi positif dan negatif yang lebih rendah berupa ambisi, keberanian, kegigihan, hingga kecemburuan.

4. Cakra Jantung

Cakra JantungCakra yang menjadi pusat emosi yang lebih tinggi atau halus ini sangat berhubungan dengan Cakra Solar Pleksus karena keduanya merupakan pusat emosi. Letaknya yang tepat berada di tengah-tengah dada menjadikan cakra ini memiliki peran untuk mengontrol dan memberi energi pada jantung dan kelenjar thymus. Lemahnya cakra jantung akan menimbulkan emosi-emosi negatif yang kemudian berefek dan merugikan terhadap jantung fisik.

Sedangkan, fungsi utama dari cakra jantung ini untuk memaksimalkan organ fisik di daerah jantung. Selain itu, cakra yang mampu memancarkan kharisma ini juga berfungsi sebagai penopang energi yang dialirkan ke seluruh tubuh, serta membuat cinta dan kasih sayang dalam hidup Anda menjadi berlimpah.

5. Cakra Tenggorokan

Cakra TenggorokanCakra yang biasa disebut dengan cakra tenggorok ini merupakan pusat dari segala pikiran yang lebih rendah atau konkret, pusat daya mental yang lebih rendah, serta menjadi pusat kreativitas yang lebih tinggi. Sehingga cakra ini bermanfaat untuk memudahkan Anda dalam menyampaikan gagasan atau ide, membangkitkan percaya diri.

Secara fisik, cakra ini mampu mengatasi gangguan tenggorokan pada area leher seperti gondong, radang tenggorok, kehilangan suara, asma, serta meningkatkan kemampuan lisan. Cakra tenggorok ini bertempat tepat di bagian tengah tenggorokan dan memiliki enam belas daun bunga dengan dominasi prana biru lebih banyak dibandingkan dengan prana hijau.

6. Cakra Ajna

Cakra AjnaCakra ini merupakan cakra utama yang berperan untuk mengontrol semua cakra mayor, sistem endokrin, dan mempengaruhi organ-organ vital. Sehingga cakra ini menjadi pusat pemikiran yang lebih tinggi atau abstrak dan juga sebagai pusat kehendak atau fungsi pengarah.

Cakra Ajna yang terletak di antara kedua alis ini sehingga memiliki manfaat untuk meningkatkan inner beauty, memaksimalkan potensi otak, mengantisipasi gangguan organ fisik di area kepala, meningkatkan daya ingat, meningkatkan fokus dan konsentrasi, hingga meningkatkan insting dan intuisi.

7. Cakra Mahkota

Cakra MahkotaCakra yang memiliki 960 daun bunga luar dan 12 daun bunga dalam dan terletak di mahkota kepala ini memiliki fungsi untuk mengontrol dan memberi energi pada otak dan kelenjar pineal. Cakra mahkota ini merupakan pusat kesadaran budis atau kosmis yang lebih tinggi.

Sehingga, kemampuan mental dapat disamakan dengan orang buta. Sedangkan, kesadaran budistis disamakan dengan orang yang dapat melihat. Adapun manfaat dari cakra mahkota ini diantaranya untuk meningkatkan spiritualitas dan kedamaian batin, melindungi dari energi negatif, lebih bijaksana dan memiliki jiwa kepemimpinan yang lebih kuat.